Jumat, 20 November 2015

Kendaraan Berhubungan Dengan Jenis Kelamin?

Terkadang, sebuah produk otomotif (kendaraan) pada pameran atau showroom bisa menarik siapa saja. Tak terkecuali pria atau wanita. Tapi kita juga mengetahui bahwa ada tipe kendaraan khusus yang banyak digandrungi wanita, serta ada beberapa tipe tunggangan yang menarik banyak pria.

Jeep yang selama ini diasosiasikan sebagai kendaraan 'pria'.
image: commons.wikimedia.org/Louise Wolff (darina)

Rental Sewa Mobil Avanza di Surabaya mencermati hal ini mungkin terkait dengan konsep positioning yang diusung pabrikan otomotif tersebut. Sebagai contoh, sebuah brand motor matic sejak awal diposisikan untuk wanita dengan lekukan-lekukan yang lumayan "cantik". Lalu produk ini mengalami booming di masyarakat meski bukan merupakan pionir brand matic, dan banyak wanita pun kemudian membeli dan menaiki produk tersebut. Tapi kemudian tak hanya wanita saja yang menggunakannya. Beberapa pria akhirnya menaiki motor dengan brand tersebut karena alasan tertentu. Hingga ada beberapa motor matic berhasil dikeluarkan dari pabrikan lain yang tak membatasi branding 'hanya untuk wanita' ini.

Tapi branding tersebut bagi kita semua mungkin begitu kuatnya sampai-sampai muncul stiker olok-olok (yang banyak dijumpai tertempel di motor-motor bebek), "Laki pakai matic, sekalian saja pakai lipstik"



...jika dipikir, bukankah itu sangat menohok? Lantas bagaimana bila keluarga kecil memilih membeli sebuah motor matic karena mempertimbangkan kendaraan ini punya space yang lebih luas di antara dudukan (jok) dan kemudinya? Bagi sales atau kurir tertentu, hal ini menguntungkan karena dapat menaruh lebih banyak barang yang lebih bisa dipantau, ketimbang mengikatnya di jok belakang motor.

Dan pada awalnya, beberapa orang pun menganggap kecenderungan motor bebek "feminin". Karena sepemantauan Sewa Rental Mobil Murah di Surabaya, yang "tipe pria" secara umum adalah moge (motor gede) dan motor berbodi besar macam Tiger, NSR, Ninja dan lain sebagainya. Atau motor dengan sistem kopling manual.
Lalu beberapa pria yang cocok dengan kepraktisan motor matic (karena tanpa memindah gigi) pun membalas stiker tadi dengan tulisan pada stiker pula, "Cowok naik matic, ceweknya pasti cantik":


Perang stiker deh akhirnya, hehehe... ^_^
Yah... kalau sudah didasari oleh kebutuhan dan suka dengan fisik atau performanya... tak ada yang bisa bilang 'begini harusnya begini atau begitu harusnya' kan? kecuali, dari segi warna yang memang cenderung "cewek" oleh pendapat umum, yakni 'pink'. Lagipula, motor matic dengan 'pantat besar' nyatanya secara fisik lebih mirip vespa model lama (yang banyak juga digunakan oleh para pria).

Di jagat raya mobil, penilaiannya mungkin bersifat lebih umum; ketika sebuah pemikiran otomotif disejajarkan gender muncul. Tapi di beberapa pemberitaan serta forum yang ditemukan Rental Mobil Innova di Surabaya, beberapa pria mungkin mencari mobil yang terkesan 'macho': https://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=21117. Hanya dari beberapa wanita yang mungkin membeli mobil yang banyak dibeli oleh pria.
Tersangka penggelapan yang merupakan petinggi sebuah bank asing dulu juga diketahui menyimpan Hummer yang cenderung 'macho'. Sedangkan beberapa merk yang lain mungkin bukan berarti mobil tersebut lebih jantan karena penampilan dan performanya, tetapi lebih karena mobil tersebut lebih mahal. Hal ini terkait dengan kepemilikan mobil yang umum sebagai indikator bahwa orang tersebut sukses dan mapan dari segi finansial: http://oto.detik.com/read/2014/01/01/170149/2455988/1207/0/10-merek-mobil-favorit-pria.

Sewa Rental Mobil Pregio di Surabaya pun berusaha tetap netral pada jajaran armada sewanya. Banyak wanita menyukai warna mobil putih, tetapi banyak pria juga tak keberatan dengan warna tersebut. Imej dari warna ini biasanya berhubungan dengan kebersihan, kejernihan, kemurnian serta kesan steril. Bila warna hitam, ini juga merupakan warna elegan yang membaur dengan semua orang. Begitu pula dengan abu-abu. Karena sejak awal Rental Sewa Mobil Livina di Surabaya membuka diri terhadap masyarakat secara umum dan pengguna jasa Sewa Mobil Honda Mobilio di Surabaya selama ini memang berasal dari berbagai lapisan dan kalangan.