Senin, 17 November 2014

Mobil dan Kereta Kelinci

Mobil dan kereta kelinci? Apa persamaannya? Apa pula perbedaannya?

Sewa Rental Mobil Honda Mobilio di Surabaya menemukan bahwa kereta kelinci yang melintas desa-desa dan jalan kampung ini kerap menjadi kontroversi. Bagaimana tidak? kepala dari kereta kelinci ini adalah mesin mobil atau motor yang dimodifikasi. Kita tahu, banyaknya curanmor itu bisa juga diakibatkan karena mesinnya yang bisa dimodifikasi menjadi kereta kelinci. Lagipula, tidak ada standar keamanan pada kereta kelinci, karena mesinnya juga tidak standar. Kadang, mesin yang dipakai adalah mesin motor box (motor dengan gerobak di belakangnya) yang tentunya mempunyai keterbatasan daya angkut atau daya tarikannya, sedangkan bila bertansformasi menjadi mesin kereta kelinci ia harus menarik sekian gerbong dengan puluhan manusia.

Kereta Kelinci yang berada di jalur umum. Image: setenpo.com

Rental Sewa Mobil Innova di Surabaya menemukan poin-poin mengapa kereta kelinci dilarang:
1. Kereta kelinci adalah wahana tempat wisata, bukan untuk jalan umum atau perkampungan
2. Kereta kelinci termasuk kendaraan bermotor; jika disejajarkan dengan pemilik kendaraan yang lain di jalan, ia harus punya plat nomor, membayar pajak dan lain sebagainya. Mesinnya pun tak terdaftar.
3. Kereta kelinci adalah kendaraan terbuka, standar keamanannya dipertanyakan; lain dengan mobil yang tertutup ataupun sepeda motor dengan peruntukan jelas. Telah ada yang meninggal terlindas kereta kelinci dengan bobot ratusan kilogram.
4. Tak adanya kelengkapan standar kendaraan layak jalan, semisal lampu sein, lampu hazard, lampu mundur (ada yang bisa mundur), tak diketahui berat kosong kendaraan (seperti truk dan sebagainya yang harus lolos uji berkala timbang dan lain-lain).
5. Rem, persneling, perawatan dan lain-lain juga dipertanyakan. Apakah kendaraan tersebut mempunyai bengkelnya sendiri juga tidak jelas.
6. Pelayanan kereta kelinci tak memenuhi kualifikasi asuransi. Asuransi hanya menanggung mereka yang menggunakan angkutan umum yang memenuhi syarat dan berizin resmi.
7. Rentan menimbulkan kemacetan. Sewa Rental Mobil Avanza di Surabaya melihat banyaknya kendaraan bermotor lain yang sempat antri dibelakangnya untuk menunggu. Selain itu, gandengan yang banyak dari kereta kelinci membutuhkan area untuk berbelok yang lebih lapang.
8. Pengendarannya tidak harus mempunyai SIM atau pernah kursus mengemudi selain bisa mengoperasionalkan sebuah mesin kereta kelinci saja; Hal ini menjadi penting dari sudut pandang Rental Sewa Mobil Livina di Surabaya karena SIM merupakan sebuah standar minimal untuk mereka yang mengemudikan kendaraan umum.
9. dan lain-lain.

Motorbox seperti inilah yang mesinnya sering dimodifikasi menjadi kereta kelinci.
Image: motortigaroda.com

Beberapa waktu lalu Rental Sewa Mobil Pregio di Surabaya sempat menjumpai sebuah banner spanduk di depan puskesmas Krian, Sidoarjo yang melarang adanya kereta kelinci yang beroperasi di jalan-jalan. Memang benar bahwa dia membantu sebagian warga mencari nafkahnya. Tapi yang paling penting adalah harapan kita semua bahwa harus adanya sisi pertanggungjawaban yang harus dikedepankan guna menghindari berbagai macam kejadian yang diluar kewajaran. Karena, Sewa Rental Mobil Honda Mobilio di Surabaya menilai bahwa seharusnya ada sesuatu yang harus lebih dihargai yaitu keselamatan para penumpangnya serta keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan secara umum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar