Selasa, 28 Juli 2015

Pernah Mengecat Mobil?

fortunerentcar.com - Kegiatan ini biasanya dilakukan oleh mereka yang berharap tampilan baru pada mobilnya. Tapi hal ini juga dilakukan oleh mereka untuk memoles mobilnya supaya terlihat lebih baik. Misalnya, setelah tergores antar kendaraan (tersenggol) atau tergores pohon serta batu-batuan saat sedang melaju di jalan. Teknik pencucian mobil yang keliru pun bisa mengakibatkan cat mobil tak awet atau terlihat kusam.

Apapun alasannya, pengecatan mobil adalah salah satu bidang jasa yang ditawarkan salon mobil untuk pengguna mobil. Jasa ini juga bisa menarik bagi Sewa Rental Mobil Avanza di Surabaya untuk mencicipinya. Meski Rental Sewa Mobil Innova di Surabaya agaknya juga jarang menggunakan jasa ini, karena performa perawatan dan pencucian yang dilakukan masih cukup untuk membuat mobil terlihat baru.

Mengecat Mobil. Image: sojournstar/pix abay

Bagi Anda yang membutuhkannya, ada banyak bengkel mobil bertebaran yang bisa melakukannya. Meski harus melihat pada plat servisnya: Menyediakan jasa pengecatan. Di kota tempat kantor Sewa Rental Mobil Pregio di Surabaya sendiri ada ratusan jasa pengecatan mobil. Baik itu yang mempunyai gedung megah atau pengecatan sederhana pinggir jalan. Kalau mobil dengan nilai beli/jual rendah, pengecatan sederhana 'pinggir jalan' tersebut agaknya sudah cukup representatif bagi pemiliknya. Lain dengan mobil dengan kelas yang berbeda (artinya diatasnya). Biasanya mereka memanfaatkan bengkel dengan fitur yang lebih lagi. Demi kenyamanan pengguna jasa rental, dan jika memang membutuhkan; agaknya Rental Sewa Mobil Honda Mobilio di Surabaya juga memilih bengkel yang direkomendasikan oleh beberapa orang karena testimoninya.

Pada umumnya, jasa cat ini tidak berdiri sendiri sebagai jasa pengecatan; tapi juga sederet fitur lain misalnya body-repair (termasuk juga pengelasan) dan pemolesan body dengan anti karat. Karena akan sia-sia bila ada penyok atau goresan pada mobil jika langsung diterapkan tindakan pengecatan. Memang ongkosnya akan menjadi dobel, tapi keuntungannya lebih bisa didapat karena secara penampilan mobil akan menjadi mirip seperti baru. Soal karat tersebut juga bisa terjadi pada mobil, karena pada umumnya mobil terbuat dari logam bercat yang bisa terkelupas atau tergores tadi. Goresan ini sebaiknya diperbaiki dan dicat ulang, karena karat bisa terjadi lewat air yang merembes pada celah goresan tadi.

Sewaktu melihat beberapa situs online, Sewa Rental Mobil Livina di Surabaya juga menemukan pembedaan antara pengecatan biasa dan sistem oven. Perbedaan antara keduanya cukup jelas dari segi perangkat dan biaya. Perbedaan ini terletak pada sistem pengeringannya. Jika hanya pengecatan biasa, pengeringannya dilakukan secara manual dengan tenaga matahari. Sedangkan jika sistem oven pengeringan catnya dilakukan dengan bantuan oven. Oven ini adalah ruang tertutup yang steril dari berbagai debu dan "gangguan halus" dari luar ruang oven tersebut. Debu halus ini bisa mempengaruhi tingkat kerataan pengecatan tersebut sekaligus pengeringannya. Tak hanya debu saja: bahkan keringat, cairan, atau minyak yang berasal dari si pengecat.

Untuk jasa pengecatan yang baik dan halus, biasanya jasa pengecatan ini mematok harga yang tinggi. Namun tidak selalu yang lebih murah akan mengabaikan kualitas pula, karena tergantung dari vendornya. Hal ini tergantung dari kecocokan pemilik mobil dan vendor tersebut yang dijadikan langganan. Kadang bila telah langganan, harga bisa di-nego bukan? Tetapi kalau tidak boleh ditawar ya jangan marah karena standar harga tersebut juga relatif dan banyak bagian dari tarifnya merupakan biaya operasional bengkel tersebut. Harga ini dipatok untuk pengecatan secara full body atau per-bagian. Perbagian ini misalnya bagian pintu atau bagasi saja, dan jika goresannya memanjang... siap-siap dana dobel karena akan dihitung dua bagian.

Jika harga pengecatan/perbaikan perbagian biasanya dalam kisaran sejutaan (bisa kurang atau lebih), tergantung bagiannya. Begitu pula, bila kebutuhan kita adalah full body kisaran harganya sepuluh juta ke atas, tergantung dari jasa pengecat mobil tersebut. Mencari tahu informasi sebanyak mungkin sebelum melakukan pengecatan mobil adalah langkah terbaik untuk menghindari kesan "digetok" atau membayar lebih banyak dari yang seharusnya. Dan bila menemukan yang satu atau beberapa yang cocok, menjadikannya bengkel langganan merupakan langkah yang ampuh karena bengkel tersebut tentunya membutuhkan testimoni atau referensi pelanggan seperti Anda atau Rental Sewa Mobil Murah di Surabaya Barat juga. Istilahnya, sama-sama untung.

Ada yang menarik bagi Sewa Mobil Surabaya pada paparan Pengecatan Mobil pada situs wikihow.com: http://id.wikihow.com/Mengecat-Mobil. Paparan di sana cukup lengkap dan terinci langkah demi langkah; bebas untuk diakses masyarakat umum sehingga apa yang tertulis tersebut dapat dibandingkan dengan hasil yang kita peroleh. Memang kebanyakan dari kita tak bisa melakukan pengecatan mobil secara mandiri karena pengecatan mobil tidak semudah mengecat rumah. Jadi, adanya sesuatu yang mengganjal pada hasil akhir pengecatan pada mobil tersebut mungkin juga bisa dikomplain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar